PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS II SDN 032 VIII PAGAR PUDING LAMO

Penulis

  • Rina Rosada Universitas Terbuka
  • Nur Asiah STAI Sultan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura Riau

Kata Kunci:

Metode Bermain Peran, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Abstrak

Penelitian ini berawal dari kenyataaan peserta didik dalam proses pembelajaran
masih bersifat monoton dan pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor kurang
berkembang dengan baik, sehingga hasil belajar pendidikan Pancasila peserta didik belum
sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan
menggunakan metode bermain peran. Dari hasil analisis data penelitian dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan
pemahaman dan hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didi kelas II SDN 032/VIII
Pagar Puding Lamo. Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh peserta didik pada
siklus I nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik 65,53% dan pada siklus II mengalami
peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 84,3%.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-23

Cara Mengutip

Rosada, R., & Asiah, N. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS II SDN 032 VIII PAGAR PUDING LAMO. Al-Iftitah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(01), 15–30. Diambil dari http://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/Al-Iftitah/article/view/96

Terbitan

Bagian

Artikel