TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MI
Kata Kunci:
Kecerdasan Buatan (AI), Pembelajaran IPA, Berpikir Kritis, Inovasi PendidikanAbstrak
Penelitian ini membahas tentang dampak penggunaan Kecerdasan Buatan (AI)
dalam pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis
siswa dapat terlihat saat proses pembelajaran, di mana siswa lebih sering hanya menjadi
pendengar materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini terjadi karena metode dan model
yang digunakan guru yang kurang variatif, dan hanya terus mengandalkan Teacher
Centered Learning sehingga mempengaruhi hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis
siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi pustaka, hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan AI dapat memvisualisasikan materi
pembelajaran yang abstrak, sehingga membuat proses belajar mengajar menjadi lebih
menarik dan efektif. Selain itu, guru perlu meningkatkan pengetahuannya tentang
teknologi digital berbasis AI untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik.
Penelitian ini juga mencatat bahwa meskipun dampak positif AI dominan, perlu
diantisipasi dampak negatif yang mungkin timbul dari penggunaannya dalam pendidikan.
Hal ini agar kemajuan di sektor pendidikan dapat berlangsung lebih efisien, efektif, dan
aman. Pemanfaatan teknologi berbasis AI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa sekaligus memberikan alternatif media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran
IPA di Madrasah Ibtidaiyah.