PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA: PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGANNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Penulis

  • Nur Asiah STAI- Sulthan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura Riau
  • Faisal Ahmad Sekolah Tinggi Agama Islam Sulthan Syarif Hasyim Siak Riau

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, Islam Nusantara

Abstrak

Pendidikan Islam di Nusantara merupakan bagian penting dari sejarah perkembangan peradaban Islam di Asia Tenggara. Sejak abad ke-13, Islam masuk ke wilayah kepulauan ini melalui proses damai yang disertai dakwah dan pendekatan kultural. Dalam perspektif Islam, pendidikan memiliki fungsi utama sebagai sarana pembinaan akidah, akhlak, dan ilmu pengetahuan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam di Nusantara dari masa klasik hingga modern, dengan menitikberatkan pada nilai-nilai dasar pendidikan Islam yang dikembangkan dalam konteks sosial budaya lokal. Melalui studi pustaka dan pendekatan historis-normatif, ditemukan bahwa lembaga-lembaga pendidikan seperti pesantren, dayah, dan madrasah telah memainkan peran vital dalam mempertahankan nilai-nilai keislaman sekaligus merespons tantangan zaman. Pendidikan Islam di Nusantara terbukti mampu berkembang secara adaptif, integratif, dan kontekstual, mencerminkan harmoni antara ajaran Islam dan kearifan lokal. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan Islam di Nusantara tidak hanya bersifat religius, tetapi juga menjadi fondasi penting dalam pembangunan karakter dan identitas kebangsaan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

Asiah, N., & Ahmad, F. (2024). PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA: PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGANNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Al-Iftitah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(02), 12–22. Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/Al-Iftitah/article/view/95

Terbitan

Bagian

Artikel