METODE DISKUSI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Buhori, M.Pd.I JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAI SUSHA SIAK

Abstrak

Metode diskusi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah, yang mungkin menyangkut kepentingan bersama, dengan jalan musyawarah untuk mufakat. Memperluas pengetahuan dan cakrawala pemikiran. Proses hidup dan kehidupan manusia sehari-hari khususnya di bidang pendidikan seringkali dihadapkan kepada persoalan-persoalan, di mana persoalan tersebut kadang-kadang tak dapat dipecahkan oleh hanya satu jawaban atau dengan satu cara saja, akan tetapi memerlukan semacam pengetahuan untuk kemudian disusun pemecahan yang mungkin berupa jalan yang terbaik (alternatif terbaik).

Ada beberapa jenis diskusi yang dapat dilakukan oleh guru dalam membimbing belajar siswa, antara lain: a) Whole Group, b) Diskusi Kelompok, c) Buzz Group, d) Panel, e) Syndicate Group, f) Symposium, g) Informal Debate, h) FishBowl, i) The OpenDiscussion Group

Referensi

M. Basyiruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, Cetakan III, 2005

Tayar Yusuf, Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: PT RajaGrapindo Persada, 1997

W. James Popham, Eva L. Baker, Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

ZakiahDaradjat, dkk., Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Cetakan Ketiga, 2004

Zuhairini, Abdul Ghofir, Samet As. Yusuf, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: UsanaOffset Printing, 1981

Unduhan

Diterbitkan

12-05-2023

Cara Mengutip

Buhori, M.Pd.I. (2023). METODE DISKUSI DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Iqra’: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(1), 68–79. Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/iqra/article/view/52

Terbitan

Bagian

Artikel