Literatur Review: Kemampuan Berfikir Kreatif (KBK), dan Self Regulated Learning (SRL) Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended

Penulis

  • Damsir Ali STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura Riau

Kata Kunci:

Pendekatan Open Ended, Berfikir Kreatif, Self Regulated Learning, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Kemampuan berfikir kreatif dan self regulated learning merupakan pembelajaran yang sangat penting terutama bagi peserta didik yang masih duduk di sekolah dasar guna melatih dalam mengembangkan kreatifitas mereka sejak dini. Namun pada kenyataannya, pembelajaran matematika yang terjadi di sekolah dasar saat ini belum mampu mengembangkan kemampuan berfikir kreatif dan meningkatkan self regulated learning matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan open ended, cara implementasinya, dan hubungannya dengan Kemampuan berpikir Kreatif Matematis dan Self Regulated Learning dalam perspektif literatur review. Jenis penelitian yang digunakan adalah literature review, dimana artikel dikumpulkan dengan kriteria diterbitkan tahun 2010-2023. Berdasarkan artikel yang dikumpulkan didapatkan hasil bahwa: 1) langkah-langkah pendekatan open-ended dalam pembelajaran antara lain: a) guru mengorganisasikan siswa dalam kegiatan pembelajaran; b) guru menghadapkan siswa pada masalah terbuka; c) guru membimbing dan mengarahkan siswa dalam memecahkan masalah dengan berbagai penyelesaian dan jawaban yang beragam; d) siswa menyajikan hasil karya dan membandingkan dengan hasil karya siswa lain didepan kelas; dan e) siswa menyimpulkan materi pelajaran yang dipandu oleh guru; 2) pendekatan open ended berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis dan self regulated learning matematis siswa sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-25

Cara Mengutip

Damsir Ali. (2024). Literatur Review: Kemampuan Berfikir Kreatif (KBK), dan Self Regulated Learning (SRL) Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended. Al-Iftitah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 12–40. Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/Al-Iftitah/article/view/113

Terbitan

Bagian

Artikel