PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nur Asiah STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura Riau

Kata Kunci:

Keterampilan Megajar Kelompok Kecil, Motivasi Belajar

Abstrak

Pengajaran kelompok kecil ialah kegiatan guru dalam pembelajaran dengan cara mengahadapi banyak siswa-siswi yang masing-masing mempunyai banyak kesempatan untuk bertatap muka dengan guru secara kelompok, yaitu berkisar antara 3-10 orang untuk setiap kelompok. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar dan apa faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, wawancara dan dukumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus regresi sederhana. Kemudian dalam menganalisa penelitian ini, penulis menggunakan teknik kuantitatif deskriftif. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan, bahwa Pengaruh Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar, terdapat pengaruh dikarenakan Fhitung > Ftabel maka tolak Ho dan terima Ha. Di mana Fhitung ≥ Ftabel atau 60,00 > 4,00, maka dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha dan signifikan. Dari hasil penelitian di atas sebaiknya pihak Sekolah terutama guru lebih memperhatikan lagi keterampilannya dalam mengajar terutama keterampilan mengajar kelompok kecil agar motivasi belajar siswa

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-12

Cara Mengutip

Nur Asiah. (2024). PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH DASAR. Al-Iftitah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 41–49. Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/Al-Iftitah/article/view/114

Terbitan

Bagian

Artikel