PERAN ADMINISTRATIF KELOMPOK KERJA GURU DAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PAI DI SDIT BINTANG CENDEKIA PEKANBARU
Abstrak
Peningkatan kualitas pembelajaran dimulai dari kegiatan guru dalam
menerapkan seluruh kemampuannya pada semua kegiatan proses
pembelajaran di kelas. Dari hasil penelitian menunjukan peran
penting dari KKG maupun MGMP dalam meningkatkan
profesionalisme Guru PAI. Peran yang dimaksud adalah: (1)
menyusun program jangka panjang, jangka menengah dan jangka
pendek serta mengatur jadwal dan tempat kegiatan secara rutin, (2)
memotivasi para guru untuk megikuti kegiatan KKG secara rutin
baik ditingkat sekolah, wilayah maupun kabupaten (3)
meningkatkan mutu kompetensi profesionalisme guru dalam
perencanaan, pelaksanaan, dan pengujian/Penilaian pembelajaran
dikelas sehingga mampu mengupayakan peningkatan dan
pemerataan mutu pendidikan di sekolah. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah menggunakan metodologi penelitian
kualitatif. Penelitian ini penulis berupaya untuk mengetahui dan
mendeskripsikan tentang peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dan
pengawas sekolah dalam meningkatkan kesiapan guru PAI
menerapkan proses pembelajaran PAI.
Referensi
Eka Prihatin, (2011). Teori Administrasi Pendidikan, Alfabeta: Bandung,
Enkoswara dan Aan Komariah, (2010). Administrasi Pendidikan, Afabeta
Bandung
Direktorat Profesi Pendidik, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu
Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru/KKGMusyawarah Guru Mata Pelajaran/MGMP. Jakarta
Jamal Ma’mur Asmani, (2011) Tips Praktis Membangun Dan Mengolah
Administrasi Sekolah, Diva Press: Yogyakarta,
Sobry Sutikno, (2012) Manajemen Pendidikan, Holistika, Lombok.
Sarwoto, (1987) Dasar-Dasar Organisasi, Prenhalindo, Jakarta.
UUSPN No 20 Tahun 2003