KONSTRUKSI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA

Penulis

  • M. Hatta STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura Riau

Kata Kunci:

Konstruksi, Autentik, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Konstruksi penilaian sesuai dengan UU Sisdiknas khususnya pasal 57, 58, dan 59, serta peraturan turunannya seperti Permendiknas No. 20 Tahun 2007 dan Permendikbud No. 23 Tahun 2016, mengacu pada serangkaian kegiatan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik, baik aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap, melalui berbagai teknik dan instrumen penilaian. Hal ini sudah sesuai dengan kaidah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi: Kognitif yang meliputi: 1) Pengetahuan; 2) Pemahaman; 3) Penerapan; 4) Analisis; 5) Sintesis; 6) Evaluasi. Ranaha Afektif yang meliputi: 1) Penerimaan; 2) Respon; 3) Acuan nilai; 4) Organisasi; 5) Karakter. Ranah Psikomotorik yang meliputi: 1) Gerakan Reflek; 2) Gerakan Dasar; 3) Gerakan Persepsi; 4) Gerakan Kemampuan Fisik; 5) Gerakan Terampil; 6) Gerakan Kreatif.Konstruksi penilaian sesuai dengan UU Sisdiknas khususnya pasal 57, 58, dan 59, serta peraturan turunannya seperti Permendiknas No. 20 Tahun 2007 dan Permendikbud No. 23 Tahun 2016, mengacu pada serangkaian kegiatan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik, baik aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap, melalui berbagai teknik dan instrumen penilaian. Hal ini sudah sesuai dengan kaidah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi: Kognitif yang meliputi: 1) Pengetahuan; 2) Pemahaman; 3) Penerapan; 4) Analisis; 5) Sintesis; 6) Evaluasi. Ranaha Afektif yang meliputi: 1) Penerimaan; 2) Respon; 3) Acuan nilai; 4) Organisasi; 5) Karakter. Ranah Psikomotorik yang meliputi: 1) Gerakan Reflek; 2) Gerakan Dasar; 3) Gerakan Persepsi; 4) Gerakan Kemampuan Fisik; 5) Gerakan Terampil; 6) Gerakan Kreatif.

Unduhan

Diterbitkan

20-06-2025

Cara Mengutip

M. Hatta. (2025). KONSTRUKSI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. Iqra’: Jurnal Ilmiah Keislaman, 4(01), 67–75. Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/iqra/article/view/143

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.