ANALISIS DAN IMPLIKASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DALAM KERANGKA KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH
Kata Kunci:
Implikasi, Kurikulum Merdeka, MadrasahAbstrak
Jurnal ini membahas tentang kebijakan pokok dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka
yang bisa diterapkan di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengejewantahan proses
kebijakan serta metodologi implementasi Kurikulum Merdeka yang diimplementasikan di
medrasah, guna reformasi perbaikan pendidikan yang berkualitas, akuntabel, serta tuntas sesuai
tantangan perkembangan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka
yaitu meninjau berbagai referensi sebagai penunjang dan penguat data dan dianalisis secara
mendalam. Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat kebijakan pokok dalam implementasi
Kurikulum Merdeka, yakni madrasah menerapkan Kurikulum sebelumnya dengan melakukan
trobosan yang berani serta inovasi dalam mengembangkan kurikulum operasional di masingmasing madrasah dan madrasah. Adapun strategi dalam implementasi Kurikulum Merdeka di
madrasah yang bisa diterapkan adalah melakukan pelatihan mandiri di lembaga baik melalui
Platform Merdeka Mengajar maupun dengan mendatangkan narasumber Kurikulum Merdeka,
menyusun kurikulum opersional madrasah, menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmen
serta perangkat ajar, menyiapkan strategi pendamping implementasi Kurikulum Merdeka
seperti pembelajaran berdiferensiasi, penguatan kemitraan dengan orang tua, dan penguatan
moderasi beragama. Prinsip yang harus diperhatikan dalam proses pengembangan dan
komponen-komponen kurikulum operasional madrasah yang harus dipenuhi. Ada 4 (empat)
komponen kurikulum operasional untuk mengatur sistem pembelajaran yaitu;1) analisis
karakteristik madrasah, 2) penyusunan visi, misi dan tujuan Madrasah, 3) pengorganisasian
pembelajaran dan 4) perencanaan pembelajaran dan proses berpikir. Panduan kurikulum pada
madrasah ini juga sudah diadaptasi dengan prinsip inklusifitas dalam layanan pendidikan di
madrasah. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan pendidikan Islam inklusif yang komitmen
memberikan layanan pendidikan tanpa diskriminasi dan setara untuk semua anak bangsa.
Sebagaimana dimaklumi, bahwa Kurikulum Merdeka memberikan otonomi, kebebasan dan
keluwesan kepada madrasah dalam mengatur praktik pendidikan, agar berani melakukan
kreasi, inovasi dan terobosan dalam memajukan madrasah.
Referensi
Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah
dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA,
Anas Anas, Akhmad Zaenul Ibad, Nova Khairul Anam, & Fitri Hariwahyuni. (2023).
Baharudin, Muhammad Rusli (2021). “Adaptasi kurikulum merdeka belajar kapus merdeka
(Fokus Model MBKM Program Studi)”, Jurnal studi Guru dan Pembelajaran, Volume 4,
Nomor 1
Cerelia, dkk. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di
Indonesia. Pada Prosiding Nasional Departemen Statistika FMIPA Unpad. Bandung:
Universitas Padjajaran. Chicago Press.
Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI. 2022. Panduan Implementasi Kurikulum
Erdiansyah, Joharni, & Era kartikasari Ariani. (2022). Problematika Madrasah Pilot Project
Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022 – 2023 di Madrasah Aliyah se- Kabupaten
Musi Banyuasin. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education,
Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis Kebijakan
KMA RI No. 347 Tahun 2022). Journal of Creative Student Research, Inovasi Kurikulum
Kemdikbud, 2019. Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka
Belajar”. Siaran Pers No. 408.sipres/A5/3/XII/2019.
Keputusan Mendikbud Ristek Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman
Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Keputusan Mendikbud Ristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum
dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719 Tahun 2020 Tentang Pedoman
Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.
Masnun, M. (2023). Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah dalam Menghadapi Implementasi
Kurikulum Merdeka. Jurnal Cahaya Mandalika, 4 Merdeka dan Platform Merdeka
Mengajar. Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah Manbail Futuh Jenu. Prosiding SNasPPM,
Merdeka pada Madrasah.
Nazir, M. 2003. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nugraha, Tono Supriatna. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran.
Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan
Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka
Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri),
Paparan Kemdikbudristek. (2021b). Merdeka Belajar Episode Kelima Belas; Kurikulum
Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus. Penggerak.
SK Dirjen Pendis Nomor 3811 Tahun 2022 tentang Madrasah Pelaksana Kurikulum Merdeka
Swandari, N., & Jemani, A. (2023). Mitra Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah
dan Problematikanya. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction,
Tahun Pelajaran 2022/2023.
Tsania, F. Q. P., & Surawan, S. (2022). Analisis Kesiapan Dalam Menerapkan Kurikulum
Tyler, Ralp W. 1969. Basic Principles of Curriculum and Instruction. USA: The University of
Zakiyah, N., & Achadi, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah
Piloting MIN 2 Bantul Yogyakarta. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah
Islamiyah,
Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia