IMPLEMENTASI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Dodol Nanas Madina Kampung Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak)

Authors

  • Fahrul Rozi STAI Sulthan Syarif Hasyim
  • Jum Harroni STAI Sulthan Syarif Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.64524/ah.v1i1.17

Keywords:

Marketing Mix, Perspektif Ekonomi Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi atau penerapan Strategi Marketing Mix untuk meningkatkan pendapatan pada Dodol Nenas Madina Kampung Tanjung Kuras Sungai Apit Kabupaten Siak. Marketing Mix yang dimaksud difokuskan pada 4P yakni product, price, place dan promotion. Serta bagai mana pandangan atau tinjauan hukum ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini telah dimulai sejak bulan September 2021 hingga sekarang bulan Oktober 2021 di dodol nenas Madina Desa Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. subyek penelitian adalah informan yaitu pemilik, karyawan dan konsumen Dodol Nenas Madina. Obyek penelitian dalam penelitian kualitatif yang diobservasi menurut Spradley dalam Sugiyono dinamakan situasi sosial, yang terdiri dari tiga komponen yaitu; tempat, pelaku dan aktifitas. Adapun objek dalam penelitian ini yakni strategi marketing mix dalam meningkatkan pendapatan dan kendala yang dialami dalam meningkatkan pendapatan pada Dodol Nenas Madina.Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Gambaran hasil penelitian ini yakni: Implementasi Marketing Mix pada Dodol Nenas Madina Sudah diterapkan. Hanya saja belum secara maksimal. Sehingga hasilnya juga tidak maksimal. Sehingga menurut pengamatan peneliti, volume penjualan cenderung menurun dalam tiga tahun belakangan. Penurunan volume penjualan dipengaruhi banyak faktor diantaranya adalah oleh kondisi pandemi. Secara tinjauan hukum Ekonomi Islamnya, penerapan Marketing Mix sudah sesuai dengan konsep Ekonomi Islam. Tidak Ada prinsip-prinsip Islam yang dilanggar. Menurut Persfektif Ekonomi Islam implementasi bauran pemasaran dodol Nenas Madina sudah sesuai dengan pemasaran Islam yaitu dari segi produk selalu besikap jujur dan mengedepankan kualiatas produk. menetapakan harga sesuai dengan kualitas produk. tempat/saluran distribusi yaitu memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau, dan promosi selalu bersikap jujur.

References

Ali, Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004.

Arikunto, suharsimi, ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktis.Jakarta: Aksara, 2002

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisiner, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Anwar Desy, KamusLengkapBahasa Indonesia Terbaru, Surabaya: Amelia, 2003 Davies, Pengolahan Belajar. Jakarta: Rajawali Pres, 1991

Deni Setiawan. “Potensi Kampung Tanjung Kuras” dalam 1https://uc.xyz/120tNA?pub=link, diakses pada jum’at 18 Oktober 2021, pukul 21:12

WIB.

DepartemenPendidikanNasional, KamusBesarBahasaIndonesia EdisiKetiga, Jakarta:BalaiPustaka, 2000

Moleong. J, MetodePenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya, 2009 Muryati. Sri, Wawancara Produk Dodol Nanas Madani. Dilakukan di Sungai Apit pada hari Sabtu tanggal 16 Oktober 2021.

Nasution, Berbagi Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Yunus, Muhammad, Pokok-PokokPendidikandanPengajaran, Jakarta:Hidayah

KaryaAgung,1990 RukaesihA.MaolaniMetodologiPenelitiaanPendidikan.Jakarta, Raja Grafindo Persada, Cet. 1, 2015

Sugiyono, MetodePenelitiaanPendidikanKuantitatif, KualitatifdanR&D, Jakarta, RinekaCipta , 2006

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Undang-UndangRI nomor 20 tahun 2003, TentangSistemPendidikanNasional,

Surabaya: Media Center, 2005

Partanto, Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkolo, 2005

Poerwadarminto, KamusBahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,tt

Tim Yanbu’ul Quran, Thariqoh Baca Tulis dan Menghafal al-Quran Yanbu’a. Kudus: Pondok Tahfidh Yanbu’ul Quran Kudus, 2004

Published

2022-12-25

How to Cite

Rozi, F., & Harroni, J. (2022). IMPLEMENTASI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Dodol Nanas Madina Kampung Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak). Al-Hasyimiyah, 1(1), 94–114. https://doi.org/10.64524/ah.v1i1.17

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.