RANCANGAN STRATEGI MARKETING PADA USAHA WARUNG INTERNET (WARNET) DENGAN diterapkanya BLUE OCEAN STRATEGY ”(Studi Kasus Warung Internet (Warnet) dijalan Pemda, Kampung Jawa Benteng hulu Kec. Mempura Kab. Siak)
DOI:
https://doi.org/10.64524/ah.v2i02.86Keywords:
Quality Function Deployment (QFD), Blue Ocean Strategy (BOS), Diagram Kartesius, warung internet (warnet)Abstract
Teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place
baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Warnet atau Warung Internet, juga banyak
dikenal sebagai Cafe Internet (internet cafe), semakin menjamur di indonesia. Trend usaha di bidang
Information Technology (IT) telah begitu berkembang terutama sepuluh tahun terakhir ini, dimana
akses internet semakin mudah diakses oleh semua kalangan. Perkembangan pengguna internet (user)
juga mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Bisnis ini jadi tidak mudah ketika
harus memadukan 3 (tiga) kekuatan sekaligus, yaitu modal, teknik dan manajemen. Namun, dengan
semakin maraknya fasilitas berinternet di tempat-tempat umum dengan adanya hot spot serta makin
umumnya penggunaan laptop oleh masyarakat membuat warnet mulai ditinggalkan. Perkembangan
teknologi mobile menyebabkan bisnis layanan telekomunikasi tak bergerak terkena imbasnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang harus dikembangkan oleh pengelola warung
internet LARANet” untuk meningkatkan kualitas pelayanannya sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dan tindakan apa yang perlu diambil menggunakan Quality
Function Deployment (QFD). Berdasarkan hasil QFD dapat dilihat atribut mana yang akan
dihapuskan, dikurangi, ditingkatkan dan diciptakan guna terciptanya Blue Ocean Strategy (BOS)
dengan melihat posisi atribut pada Diagram Kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan Blue Ocean Strategy untuk untuk merancang strategi marketing yang baru dengan
menggunakan Quality Function Deployment (QFD) adalah dengan menghapuskan fasilitas
penunjang keamanan, meningkatkan kecepatan akses dan fasilitas penunjang kemudahan dan
kenyamanan, serta tidak ada yang perlu dikurangi. Selain itu faktor yang diusulkan untuk diciptakan
berdasarkan keinginan konsumen adalah fasilitas hotspot dan layanan live streaming. Hal tersebut
dilakukan demi terciptanya ruang pasar baru yang belum dilakukan pesaing. Selain itu juga semakin
meningkatkan kualitas pelayanan warnet “LARANet”.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


