UPAYA GURU DALAM PELAKSANAAN NILAI KARAKTER MENGHORMATI DAN MENGHARGAI DI SMKN 1 BUNGARAYA

Penulis

  • Nuryanti STAI - Sulthan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura Riau Indonesia
  • Elvi Sundari MI Ummul Quro Bungaraya Siak Riau Indonesia
  • Shahnun binti Haji Musa Kolej Universiti Islam Antarbangsa Sultan Ismail Petra Kelantan Malaysia

Abstrak

The purpose of this research is to determine teachers' efforts to implement the personality values of respect and appreciation at SMKN 1 Bungaraya, Siak Regency. The type of research used is descriptive qualitative, collecting data through interviews, observations and documents. This research was conducted at SMKN 1 Bunga Raya by collecting data from informants, namely 4 teachers and 20 students through interviews and field observations. After carrying out a descriptive analysis, the author can draw conclusions, the teacher's efforts to implement the personality values of respect and respect at SMKN 1 Bugaraya, Siak Regency have gone well and are carried out by the teachers of SMK N 1 Bungaraya, especially religious teachers, the two factors that influence the efforts teachers in implementing the personality values of respect and appreciation at SMKN 1 Bungaraya Siak Regency are students who are not yet familiar with the school environment and are also influenced by their own opinions and daily social life in the environment.

Referensi

Ahmad Tafsir, 2017, Pendidikan Karakter Sehari-hari, PT. Remaja Rosdakarya Bandung

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Amirudin, A., & Muzaki, I. A. (2019). Life Skill Education and It’S Implementation in Study Programs Islamic Religious Education. Jurnal Tarbiyah, 26(2), 278–293. https://doi.org/10.30829/tar.v26i2.485

Binti Maunah, Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa Iain Tulungagun, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 1, April 2015. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Daryanto, d. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Elbina Saidah Mamla, W. (2021).Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2)

Ersis Warmansyah Abbas, Pendidikan Karakter Diterbitkan oleh: FKIP_Unlam Press Penerbit WAHANA Jaya Abadi Kompleks Puri Asri Blok D-4B Padasuka hlm, 7

Haibah, M., Basri, H., Eri Hadiana, M., & Tarsono, T. (2020). Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Jurnal PendidikanAgama Islam Al-Thariqah, 5(2),

Hendriana. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), https://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

Komalasari, Kokom & Didin Saripudin. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: Refika Aditama.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1)

Kurniawati, R., & Irsyadillah.(2028). Analisis nilai karakter dalam teks cerita buku pelajaran siswa sekolah dasar.master bahasa,6(2), 103-114

Lexy Moeleong (2022), Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Fauzi, Zainuddin,& Ayok, R.A. (2017)Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. Jurnal teori dan praktis pembelajaran IPS,2(2), 27-36

Febrianshari, D, & Ekowati, D.W. (2018)Analisis nilai-nilai pendidkan karakter dalam pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal pemikiran dan pengembangan sekolah Dasar(JP2SD),6(1), 88-95

M. Arif Rahman Hakim, Analisis Perbandingan Karakter Menghargai Prestasi Siswa Sekolah Menengah Atas, Universitas Jambi, Indonesia, Volume 13 No. 1, 2020 P-ISSN: 1979-4908, E-ISSN: 2598-3873, hlm, 58 https://dx.doi.org/10.31332/atdbwv13i1.1563

Muhammad Japar, Zulela MS, Sofyan Mustoip 2018, Implementasi Pendidikan Karakter, Jakad Media Publising

M. Syahran Jailani “Kasih Sayang Dan Kelembutan Dalam Pendidikan” Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah IAIN STS Jambi. Ilmu Pendidikan PPs Universitas Negeri Padang, hlm. 105 https://www.neliti.com/publications/56476/

Nuraeni dwi Permata, Astuti Darmiyanti, Ferianto ferianto, Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Disiplin pada Siswa MTs Nurul Falah Al Huda, jurnal Pendidikan islam Hikmah, Volume 12 No1 2023

Nuraeni, N. F., Amirudin, A., & Muzaki, I. A. (2021). Pembentukan Karakter di Masa Pandemi Melalui Pendidikan Agama Islam. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2), 146– 160. https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.13496

Nurlaily, W. P. K. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Edukator dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Religius di SMP Ma’arif 5 Ponorogo.

Nurjannah,S. (2017) Penanaman karakter kerja keras dan menghargai prestasi pada siswa. Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidkan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sahri Sahri, Ali Usman Hali, building character in sufism-based students in madrasah west kalimantan, Nazhruna, Mojokerto, Volume 6 No.2, 2023 Online ISSN: 2614-8013, hlm,240-252 https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/2974

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

Suharismi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006, Cet. 13, Halamanl. 134.

Wenny Sutomo, Mengidentifikasi Karakter “Menghargai Prestasi” Peserta Didik Kelas VIII SMP N 5 Muaro Jambi, Volume 9 Nomor 2, Juni 2019 p-ISSN 2088-2092 e-ISSN 2548-6721,hlm,111. https://www.researchgate.net/publication/338703204_Mengidentifikasi_Karakter_Menghargai_Prestasi_Peserta_Didik_Kelas_VIII_SMP_N_5_Muaro_Jambi#:~:text=DOI%3A%2010.26858/publikan.v9i2.9000

Anis Baswedan, 2017; https://youtu.be/6StVO7mdeio?si=7ZiM58-QizKAMPZG

Wawancara pada tgl, 29-03-2023 diruangan guru SMK Negeri 1 Bungaraya Kabupaten Siak

Unduhan

Diterbitkan

10-07-2024

Cara Mengutip

Nuryanti, Elvi Sundari, & binti Haji Musa, S. (2024). UPAYA GURU DALAM PELAKSANAAN NILAI KARAKTER MENGHORMATI DAN MENGHARGAI DI SMKN 1 BUNGARAYA. Iqra’: Jurnal Ilmiah Keislaman, 3(01), 83–94. Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/iqra/article/view/106

Terbitan

Bagian

Artikel