Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Siak Kecamatan Siak Kabupaten Siak
Kata Kunci:
Efektivitas, Pembelajaran tatap muka terbatasAbstrak
Proses pembelajaran online selama penutupan sekolah akibat dampak covid-19 tidak dapat dilaksanakan secara optimal karena berbagai keterbatasan sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas. Kehadiran Pandemi Covid-19, menimbulkan sejumlah persoalan genting yang menghantui bangsa ini, meluluh lantahkan sendi-sendi kehidupan bangsa sehingga melahirkan masalah sosial yang multi dimensi baik politik, sosial, budaya, ekonomi hingga ketahanan mental baik fisik maupun spritual yang harus segera diatasi karena menyangkut keberlangsungan hidup dan kemandirian jati diri bangsa termasuk didalamnya layanan pendidikan pada sekolah secara khusus. Dilaksanakannya pembelajaran tatap muka terbatas sejak juli 2021 melalui surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Siak dimasa new normal. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumntasi. Subjek penelitian ini adalah guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Siak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dapat di laksanakan dengan baik dan sistematis serta perencanaan yang matang dengan mematuhi protokol kesehatan. Guru melaksanakan proses belajar mengajar dikelas sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun disesuaikan dengan kondisi new normal, pelaksanaan dengan cara memadatkan materi, menyampaikan point-point penting serta mempertegas pada penyelesaian latihan soal, begitu juga dengan evaluasi/penilaian guru melakukan ulangan harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester.
Referensi
Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana,2009
Aflahah, M. Ismail Makki, Konsep Dasar Belajardan Pembelajaran, (Jl. Masjid Nurul Falah Lekoh Barat Bangkes Kadur Pamekasan: Duta Media Publishing), 2019
Bagus Lorens Kamus Filsafat, Jakarta: Gramedia, 1996
Darman Ragina Ade, Belajar dan Pembelajaran, Indonesia: Guepedia), 2020
Fathurrohman Muhammad, Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Teras, 2012)
Flipped Classroom: Metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid19
Mahmudi, Manajemen Kinerja Sektor Publik,Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, 2015
Marzuki, Pengantar Materi Pendidikan Agama Islam Tingkat Madrasah Tsanawiyah Sederajat dan madrasah aliyah sederajat,pekanbaru, 2020
Marzuki, Manajemen Kurikulum
Muhmmad Hadi Ma’rifat, Sejarah Al-Qur’a,Jakarta: Al Huda, 2007 Moleong. J, metode penelitiaan kualitatif, bandumg: remaja rosda karya Hadi Ma’rifat, Muhmmad Sejarah Al-Qur’a,n (Jakarta: Al Huda, 2007)
Supriono Iwan Agus, Pengantar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Pekanbaru, 2020
Supriono Iwan Agus Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits,Suka Bumi: Farha Pustaka, 2020
Umar, Husen, Metode Penelitian Untuk Skripsi & Tesis Bisnis, (Bandung: Raja Grafindo Persada), 2011
https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/strategi-pembelajaran-tatap-muka-ptm
https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view
https://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan faktor.html
https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-siswa-menurut-para-ahli
https://www.kompasiana.com/amp/cucu56413/61accefa62a70455226de814/pembela jaran-tatap-muka-terbatas-ptmt-berpotensi-terjadinya learning loss
https://www.kemdikbud.go.id.pdf A5/Ak. OI.04-Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, hal.5
https://www.zenius.net/blog/pembelajaran-tatap-muka-terbatas