PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DIBIDANG KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI MA AL-MUTTAQIEN KECAMATAN BUNGARAYA KABUPATEN SIAK
Kata Kunci:
Karakter, KedisiplinanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Penerapan Pendidikan Karakter Dibidang Kedisiplinan Siswa Kelas XI MA Al-Muttaqien Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak ini yakni evaluasi dan penekanan yang lebih maksimal dalam upaya pelaksanaan dalam kegiatan di sekolah, maupun di luar sekolah dan perlunya kerjasama yang baik antara guru, orang tua, dan masyarakat dalam penerapan pendidikan karakter ini agar sejalan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 10 orang siswa kelas XI MA Al- Muttaqien Jati Baru, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak dan objek penelitian ini adalah Penerapan Pendidikan Karakter Dibidang Kedisiplinan Siswa Kelas XI MA Al-Muttaqien kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak. Sebagai teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data mengenai pembahasan Penerapan Pendidikan Karakter Dibidang Kedisiplinan Siswa Kelas XI MA Al-Muttaqien kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, sudah dilakukan dengan baik oleh guru dan siswa, namun masih terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan Penerapan Pendidikan Karakter Dibidang Kedisiplinan Siswa Kelas XI MA Al-Muttaqien Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak ini yakni evaluasi dan penekanan yang lebih maksimal dalam upaya pelaksanaan dalam kegiatan di sekolah, maupun di luar sekolah dan perlunya kerjasama yang baik antara guru, orang tua, dan masyarakat dalam penerapan pendidikan karakter ini agar sejalan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi Penerapan Pendidikan Karakter Dibidang Kedisiplinan Siswa Kelas XI MA Al-Muttaqien Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak yaitu terdiri dari faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dalam penerapan karakter bidang kedisiplinan siswa ini antara lain meliputi sikap, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh guru, minat dan motivasi siswa, dukungan dari orang tua peserta didik dan dukungan dari masyarakat sekitar sangat berpengaruh dalam pelaksanaannya. Hambatan dari faktor internal yaitu faktor dari guru, Sedangkan faktor eksternal adalah dari siswa. Kurangnya kesadaran siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah merupakan faktor penghambat dalam pembentukan disiplin siswa. Kurangnya pengawasan dan tegasnya guru terhadap siswa bisa mempengaruhi kedisiplinan siswa. Faktor lingkungan keluarga, pola asuh orang tua yang kurang tepat dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya anak, juga turut menjadi faktor yang berpengaruh.
Referensi
Al Qur’an Terjemahan Per kata 2017. (Jakarta: Maktabah Al-Fatih),
Annisa, Fadillah. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar dalam Perspektif Pendidikan dan Keguruan, Vol X, No. 1, April
Anwar, Desi. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Modern, (Surabaya: Amelia),
Arikunto, Suharismi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta,
Fadilah, Rabi'ah, 2021. Wahab Syakhirul Alim ,dkk., Pendidikan Karakter, (Jawa Timur, CV. Agrapana Media),
Fawaid, Moh. Mansyur 2017. Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa dalam Jurnal Civic Hukum Volume 2, Nomor 1, Mei
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi (Bandung: Alfabeta),
H, Al Muhriga. Peningkatan Kedisiplinan Santri Melalui Penanaman Nilai Nilai Islam Di Pondok Pesanten Al-Amin, Lubuk Dalam,
I, Mz. 2018. Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 2 (1),
Jauhary, Hadziq. 2020. Hidup Sukses Dengan Disiplin, (Mutiara Aksara)
Julaiha, Siti. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran dalam Jurnal Dinamika Ilmu Vol. 14. No 2, Desember
Kompri, 2015. Manajemen Pendidikan: Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media),
Lestari, Tria. 2019. Optimalisasi Pembentukan Karakter Siswa Melaluimata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 2b Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho (MDTW) Istiqomah Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Kabupaten Siak, Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Kabupaten Siak,
Lickona, Thomas. 1991. Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Rresponsibility, (New York: Bantam Books),
Machali, Imam Muhajir. 2011. Pendidikan Karakter Pengalaman Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: Aura Pustaka),
Mahmudah, Fitri Nur. 2021. Analisis Data Penelitian Kualitatif Manejemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas.71 versi 8. (UAD PRESS)
Naim, Ngainun. 2012. Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,)
Nuria, Widyasari. 2017. Usaha Sekolah dalam Pembentukan Kepribadian Siswa melalui Kedisiplinan, (Purwokerto)
Purwanti, Lestari Ning. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), (Jakarta: Penerbit Erlangga),
Sari,Sasa Nopela. 2021. Implentasi Karakter Siswa Oleh Guru PAI SD Negri 05 Teluk Mesjid Melalaui Keteladanan. Teluk Mesjid
Siyoto, Sandi dan Ali Sodik, 2015. Dasar Metodologi Penelitian, Cet. I, (Yogyakarta: Literasi Media Publishing),