PENGARUH HUKUMAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI BANDAR SUNGAI KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK

Penulis

  • Nuryanti
  • Wulan

Kata Kunci:

Hukuman, Kedisiplinan

Abstrak

Di dunia pendidikan kedisiplinan merupakan hal yang sangat diperlukan dalam mewujudkan tujuan belajar mengajar yang efektif. Tujuan disiplin di lingkungan sekolah adalah untuk menciptakan keamanan dan lingkungan yang nyaman didalam sekolah tersebut, salah satu cara menegakkan kedisiplinan adalah dengan hukuman. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeahui pengaruh hukuman terhadap kedisiplinan siswa. Penelitan ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat diskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan, mencatat, dan menganalisis mengenai pengaruh hukuman Pengaruh Hukuman Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Guppi Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian hukuman dengan kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Hal itu dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan kisaran persentase pada taraf 86,67 %, yang berada pada interval 85 %- 100 % dalam kategori baik.

Referensi

Abu al-A’la al-Maududi, 1984, Esensi Al-Quran : Filsafat, Polotik, Etika, terj. Akhmad Muslim, Bandung, Mizan.

Arikunto, Suharsimi, 2003, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta, Rineka Cipta.

Depdiknas, 2003, UU Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak, Jilid 2, terj. Med. Meitasari Tjandrasa, Jakarta, Erlangga.

Julianis, Usaha-usaha Guru dalam Membina Kedisiplinan Siswa Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Ikhsan Teluk Batil Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak Tahun Ajaran 2010-2011, Siak, 2011.

Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, cet. Ke-4, Jakarta, Rineka Cipta.

Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi, 2003, Al-Tarbiyah al-Islamiyah, Terj. Abdullah Zaky al-kaaf, 2003, Bandung, Pustaka Setia.

Rozali,Muhammad, 2012. http:// mjafarefendi. wordpres. com/2012/03/07/hukuman-dalam-dunia-pendidikan. html. (31 Desember 2014).

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty, 2003, Psikologi Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta. Sudijono,Anas, 2008, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo

Persada.

Tulus Tu’u, 2004, Peran Disiplin pada Perilaku dan Profesi Siswa, Jakarta, Gramedia.

Unduhan

Diterbitkan

04-06-2022

Cara Mengutip

Nuryanti, & Wulan. (2022). PENGARUH HUKUMAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI BANDAR SUNGAI KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK. Iqra’: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(1), 58–67. Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/iqra/article/view/24

Terbitan

Bagian

Artikel