PERILAKU KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA WARGA KOMPLEK PERUMAHAN PEMDA KELURAHAN KAMPUNG REMPAK KECAMATAN SIAK KABUPATEN SIAK)

Authors

  • Yessy Septrimadona STAI Sulthan Syarif Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.64524/ah.v2i01.63

Keywords:

Perilaku Konsumen, Ekonomi Islam

Abstract

Dalam teori ekonomi dikatakan bahwa manusia adalah makhluk ekonomi yang selalu berusaha memaksimalkan kepuasannya selama kemampuan finansialnya memungkinkan. Perilaku konsumen dalam ekonomi Islam tidak ada sikap yang berlebih-lebihan (boros) dan tidak pula kikir (Israf) dalam mendapatkan harta, mengelola, dan mendistribusikan hartanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prilaku konsumen berdasarkan perspektif Ekonomi Islam di Komplek Perumahan Pemda Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak Kabupaten Siak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan metode survey. Adapun subjek penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di Komplek Perumahan Pemda Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak. Objek peneltian adalah perilaku konsumen berdasarkan perspektif Islam. Populasi penelitian adalah seluruh warga yang tinggal di komplek perumahan pemda sebanyak 150 KK. Sedangkan sampel penelitian adalah 20% dari 150 yaitu 30 KK dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling ( berdasarkan pilihan atau karakteristik). Data diambil berdasarkan data primer dan data skunder.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diperoleh bahwa perilaku konsumen warga komplek perumahan pemda termasuk ciri prilaku konsumen yang masih bersifat irasional seperti (1) Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi di media cetak maupun elektronik (2) Konsumen memilih barang-barang memiliki brand dan sudah dikenal luas (3) Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan gengsi atau pregtise. Namun Perilaku konsumen warga komplek pemda dalam perspektif ekonomi Islam tidak hanya pada materi saja tetapi juga ada konsumsi sosial yang mereka berikan seperti melaksanakan zakat dan sedekah.

References

Anwar Prabu Mangkunegara, Perilaku Konsumen, Bandung : Refika Aditama, 2012

Lukman Hakim, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam, (Jakarta, Erlangga, 2012), hl. 94.

Muhammad Muflih, Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam ( Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006)

M. Suyanto, Etika Bisnis Nabi Muhammad saw , Yogyakarta : Andi Offset, 2008)

Rozalinda, Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi (Jakarta: Rajawali Press, 2014), h, 106.

Said, Syihabudin & Ma’zumi, M”.Falsafah dan Perilaku Ekonomi Islam”, .Jakarta: Diadit Media, 2008

Ujang Sumarwan, Perilaku konsumen, teori dan penerapannya dalam pemasaran, (Bogor Selatan : Ghalia Indonesia, 2002), cetakan I,hl 26

Umer Caphra, Masa Depan Ilmu Ekonomi, Jakarta : Gema Insani Pers, 2001

Zaki Fuad Khalil, Pemerataan Distribusi Kekayaan dalam Ekonomi Islam, Bandung : Erlangga, 2009 hl 95

Published

2023-06-28

How to Cite

Septrimadona, Y. (2023). PERILAKU KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA WARGA KOMPLEK PERUMAHAN PEMDA KELURAHAN KAMPUNG REMPAK KECAMATAN SIAK KABUPATEN SIAK). Al-Hasyimiyah, 2(01), 45–66. https://doi.org/10.64524/ah.v2i01.63

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.