PENGUATAN KECERDASAN SOSIAL-INSTITUSIONAL

Penulis

  • Agus Subairi
  • Iwan Agus Supriono

Kata Kunci:

Kecerdasan, Sosial, Institusional

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penguatan kecerdasan sosial-institusional pada pendidikan agama Islam. Metode penelitian ini adalah penelitian pustaka yang mempelajari, mendalami, dan mengutip teori-teori atau konsep-konsep dari sejumlah literatur yang relevan dengan topik. Dalam hal ini penulis merujuk kepada al-Qur’an, dan buku-buku yang relevan. Hasil pembahasan penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui dimensi kehidupan duniawi, dimensi kehidupan ukhrawi, serta dimensi antara kehidupan duniawi dan ukhrawi dapat dilahirkan penguatan kecerdasan sosial-institusional seperti pemikiran pendidikan Syed Muhammad An-Naquib Al-Atas, Al-Khatib Al-Bagdadi, dan Hasan Langgulung. Kecerdasan sosial-institusional lain yang merupakan bagian dari penguatan kecerdasan sosial pada pendidikan Islam adalah implementasi kurikulum 2013 dengan muatan kompetensi inti meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi inti pada kurikulum 2013 perlu dipertegas dengan pemikiran pragmatis sebagai upaya memelihara karakteristik pendidikan agama Islam.

Referensi

Ali, A. Mukti, 1993, Memahami beberapa Aspek Ajaran Islam, Bandung: Mizan. Al-Atas, Sayed Muhammad An Naquib, 1988. Konsep Pendidikan dalam Islam,Bandung: Mizan.

Darajat, Zakiyah, 2014. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Anis, Ibrahim, dkk, 1972. Al-Mu’jam Al-Wasit, Jakarta: Angkasa.

Latif, Mukhtar, 2020. Orientasi Ke Arah Pemahaman Filsafat Ilmu, Jakarta: Prenadamedia Group.

Mahmud, 2011. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

M. Amril, 2016. Epistimologi Integratif-Interkonektif Agama dan Sains. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

-----------, 2021. Pendidikan Nilai Akhlak: Telaah Epistimologis dan Metodologis Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nasir, M. Ridlwan, 2010. Mencari Tipologi, Format Pendidikan Ideal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saidan, 2011. Perbandingan Pendidikan Islam antara Hasan al-banna dan Muhammad Natsir. Jakarta: Kementrian Agama.

Shohib, Mohammad, 2007. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bogor: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Widodo, 2019. Metodologi Penelitian Populer & Praktis, Depok: Rajagrafindo Persada.

Yandianto, Kamus Umum Bahas Indonesia , Bandung: M2S.

Yusuf, Kadar M., 2015. Konstruksi Ilmu dan Pendidikan, Jakarta: Amzah.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2022

Cara Mengutip

Agus Subairi, & Iwan Agus Supriono. (2022). PENGUATAN KECERDASAN SOSIAL-INSTITUSIONAL. Iqra’: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(2), 1–12. Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/iqra/article/view/36

Terbitan

Bagian

Artikel