EFEKTIVITAS PROGRAM AUDIOVISUAL PROSES PEMBELAJARAN PAI SMA NEGERI 2 BUNGARAYA INDONESIA
Kata Kunci:
Efektifitas, Program Audiovisual, PembelajaranAbstrak
Audiovisual adalah media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Dan merupakan salah satu untuk meningkatkan daya tanggap siswa terhadap pembelajaran PAI Di SMA Negeri 2 Bungaraya Indonesia. The research method used is qualitative research. Data collection uses the method of participant observation, in-depth interviews and documentation, using analysis of data reduction, data presentation and verification. This study also checks the validity of the data by using the techniques of credibility, confirmability, transferability Hasil data analisis yang diperoleh, menunjukkan bahwa Program Audiovisual dalam proses pembelajaran PAI yang diterapkan di SMA Negeri 2 Bungaraya Indonesia yaitu menggunakan yaitu unsur gambar, unsur suara dalam bentuk rekaman suara, unsur suara dan gambar dalam bentuk video, slide proyektor dan media lainnya. Program media audio visual di SMA Negeri 2 Bungaraya Indonesia dalam menggunakan media audio visual sudah maksimal yakni dengan menggunakan unsur gambar, unsur suara dalam bentuk rekaman suara, unsur suara dan gambar dalam bentuk video, slide proyektor dan media lainnya selain itu menggunakan media audio visual dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, efektif dan efesien, sehingga siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam belajar.Referensi
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Cet. 6, (jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2002)
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian Edisi Revisi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002)
Asril, Zaenal, Micro Teaching (Jakarta; Rajawali Press, 2012)
Alwi, Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pusaka, 2007)
Edi, Sarwo, ‘’Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI Kelas VII SMP Negeri 03 Sabak Auh’’, (Siak: STAI SUSHA, 2018)
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatfi, Cet. 4, (Jakarta, Rajagrafindo Persada, 2010)
Fadillah, Muhammad, Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoretik & Praktik, Cet. 1, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)
Harjanto, perencanaan pengajaran, (Jakarta : PT Rieneka Cipta, 2000)
Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Cet. 6, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010)
Hujair, Sanaky, Media Pembelajaran, (Yogyakarta: Safiria Insania press, 2010)
Iwan Agus Supriono, pengantar metodologi penelitian kualitatif, (Sukabumi: Farha Pustaka, 2021)
John. M. Echols dan Hasan Syadily, Kamus Inggris-Indonesia, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1990)
Marzuki, Strategi Pembelajaran. Pekanbaru.
Mazuki, Buku ajar materi PAI MTs dan Ma .Pekanbaru.
Moeleong, Lexi J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Roesdakarya, 2002)
Putra Hadi ”Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III B SD Negri 105 Pekanbaru”, (Pekanbaru: UNRI, 2018)
Purwono, Joni, 2014, Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2(2): 127-144 https://media.neliti.com/media/publications/142050-ID-penggunaan-media-audio-visual-pada-mata.pdf. Universitas Sebelas Maret: Surakata.
Riani, Nurmita, “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Analisis Impelementasi Pada Kelas X SMA N 9 Siak), Tahun 2011. Siak, STAI SUSHA, 2011.
Sanjaya, Wina, perencanaan dan desain sistem pembelajaran, Cet. 4, (Jakarta : kencana, 2010)
Sudjana, Nana, Teknologi pengajaran (Bandung : Sinar Baru, 1989)
Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, (Jakarta : Bumi Aksara, 2010)
Suharto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Surabaya: Balai Pustaka, 1995)
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengantar Kurikulum Teori Dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)
Sulaeman, Hamzah Amir, Media audio-visual untuk pengajaran, penerangan dan penyuluhan, (Jakarta: PT. Gramedia, 2003)
Susanto, Ahmad, Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Cet. 4, (Jakarta: Kencana, 2016)
Suwandono, Ikhwan, ‘’Implementasi Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 04 Bungaraya’’, (Siak: STAI SUSHA, 2018)
Syaripuddin, Keterampilan Dasar Mengajar Dan Pendekatan Pembelajaran K13, (Ponorogo: Uwais Inspiasi Indonesia, 2019)
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan bahasa (P3B), Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1995)
Umar, Husen, Metode Penelitian Untuk Skripsi & Tesis Bisnis, (Bandung: PT Raja Grafindo Persada, 2011)
Vebi Vanesa, “Pengertian Media Audio Visual dalam Pembelajaran Makalah”, dikutip dari https://vebivanesa.wordpress.com/2015/04/13/makalah-mediaaudiodanaudiovisual/#:~:text=Media%20audio%20visual%20adalah%20merupakan,penegtahuan%2C%20keterampilan%2C%20atau%20sikap pada hari Kamis tanggal 29 Oktober 2021