KONSEP KURIKULUM BERBASIS AQIDAH ISLAM DI SMP TAHFIDZ PLUS KHOIRU UMMAH PEKANBARU

Penulis

  • Maryadi STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura Riau

Kata Kunci:

Kurikulum, Aqidah Islam, SMP Tahfidz Plus Khoiru Ummah Pekanbaru

Abstrak

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang penting dalam penyelanggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan Pendidikan. Kurikulum adalah rancana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran serta metode yang digunakan, sebagai pedoman dalam kegiatan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan Pendidikan. Untuk itu SMP Tahfidz Plus Khoiru Ummah Pekanbaru merancang sendiri kurikulum pendidikannya dengan basis Aqidah Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu mengolah data dan mendiskripsikan keadaan sesuai dengan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kurikulum berbasis Aqidah Islam yaitu adanya pengintegrasian setiap mata pelajaran dengan Aqidah Islam. Tujuan akan kurikulum berbasis Aqidah Islam ini tidak hanya menekankan pada keagamaan saja melainkan ilmu umum juga diharapkan dapat dikuasai siswa dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai keislaman. Melalui materi-materi pelajaran yang diberikan, siswa-siswi diharapkan mampu memahami dan menguasai kondisi faktual dalam zaman dan kehidupan mereka. Tak hanya itu, mereka juga tumbuh berkembang menjadi para pengemban agama yang teguh, mewujudkan generasi Islam terbaik di masa yang akan datang.

Referensi

Martin H. Manser at.al. 1995. Oxford Advanced Learner Dictionary, International Student’s Edition . Oxford: Oxford Uneversity Press. hal. 360.

Darwin Syah. 2007. Perencanaan Sistem Pengajaran. Jakarta: Gaung Persada Prees. hal. 10.

Muzaiyyin Arifin. 2004. Filsafat Pendidikan Islam . Jakarta: Bumi Aksara. hal. 78.

Muhaimin. 2004. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam . Jakarta: Raja Grafindo. hal.1

Lexy. J. Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hlm.4

Unduhan

Diterbitkan

25-08-2025

Cara Mengutip

Maryadi. (2025). KONSEP KURIKULUM BERBASIS AQIDAH ISLAM DI SMP TAHFIDZ PLUS KHOIRU UMMAH PEKANBARU. Iqra’: Jurnal Ilmiah Keislaman, 4(01), 60–66. Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/iqra/article/view/142

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.