KONSEP PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN TELAAH SURAH LUKMAN AYAT 12-19 MENURUT TAFSIR AL-AZHAR
Kata Kunci:
Konsep Pendidikan dalam Al-Qur’anAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Konsep Pendidikan Islam dalam Al Qur’an Tela’ah Surah Lukman ayat 12-19 Menurut Tafsir Al-Azhar. Setelah kajian terhadap Al qur’an Surah Lukman ayat 12-19 menurut Tafsir Al-Azhar yang penulis lakukan melalui kajian pustaka dengan mengambil berbagai referensi baik buku, jurnal, dan sumber utamanya berasal dari Tafsir Al-Azhar. Setelah dilakukan melalu kajian dan analisis maka sebagai kesimpulan dalam penelitian ini diantara nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya adalah sebagai berikut : Islam agama yang sempurna, kemudian Surah Lukman ayat 12-19 juga terdapat konsep pendidikan Islam yang berdasarkan konsep menyeluruh bagi semua aspek kehidupan Firman Allah Quran surat An-Nahl ayat 89. Kemudian Surah Lukman ayat 12-19 juga terdapat komponen pendidikan Islam berupa : Guru (pendidik), Peserta Didik ( Anak), dan Orang Tua sebagai pendidik utama. Dan juga terdapat konsep sebagai materi pendidikan Islam yaitu : Aqidah Islam, Syariat Islam, Akhlak. Implementasi dari pendidikan Islam memberikan kebahagiaan (saadah). Ada tiga penyebab tidak tercapainya tujuan pendidikan Islam dalam konteks individu. Tidak tuntas dalam memecahkan jawaban Uqdatul qubra, Pembuktian keimanan secara akal, Dikotomi pendidikan agama dengan pendidikan umum.Referensi
Abdullah Muhammad Husain. 2002. Studi dasar-dasar Pemikiran Islam. Bogor:
Tharikul Izzah.
Abdurrahman Hafidz. 2003. Ushul Fiqih Membangun Paradigma Berfikir Tasri.
Bogor: Al-Azhar Presh.
Abdurrahman Hafidz. 2018. Nizham Fi al-Islam. Bogor: Al-Azhar Fresh. Al
Qur’anul Karim, digital
Drajat Zakiyah. 1995. Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta :
Ruhama
El-Sutha Saiful Hadi.2015. Pintar Mendidik Anak Ala Rasulullah. Jakarta : Kalam
Mulia.
Hamka. 2015. Tafsir al-Azhar. Jakarta : Gema Insani
Hidayat Rahmad. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Medan : LPPPI.
Hisam Ibnu. 2016. Sirah Nabawiyah. Jakarta: Darul Falah.
Kurnia Muhammad dkk. 2002. Prinsip-prinsip Al-Qur’an dan Hadits. Jakarta: Khairul
Bayan
Marzuki. 2021. Pendidikan Akhlak. Pekanbaru: STAI SUSHA
Prasetiadi Yan, Wachyu Insan. 2014. Studi Islam Paradigma Komprehensif. Bogor :
Al-Azhar Presh.
Rahmad Taufiq. 2013. Tauhid Ilmu Kalam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sit Masganti. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Perdana Publising. Medan :
Perdana Publishing.
Supriono Iwan Agus. 2021. Pengantar metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi:
Farha Pustaka.
Suryana Toto.1997. Pendidikan Agama Islam. Bandung :Tiga Mutiara.
Syaifuddin. Psikologi Belajar PAI. Surabaya: UIN Sunan Ampel
Wa’I Ikhwanul. 2008. Luruskah Aqidah Anda. Bogor: Pustaka Tharuqul
Izzah.
Zain Mudrikah. Skripsi. Metode Pendidikan Anak Dalam Surah Lukman Ayat 12-19
Tafsir ibnu Katsir
Zurifah Nurdin. 2008. Hubungan Aqidah, Syari’ah dan Akhlak. Journal Ilmiah Syiar.
Vol 2. No 2.
Z. Satriyadi dkk, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Hadits Riwayat Bukhari (Setiap
Anak Dilahirkan Dalam Keadaan Fitroh), Journal Pendidikan Islam. Vol. 1,
No. 1 2022. Program Pasca Sarjana