KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN

Penulis

  • Buhori STAI - Sulthan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura Riau

Kata Kunci:

Kualitas Instrumen Evaluasi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas instrumen evaluasi pembelajaran. Setelah penulis melakukan analisis dari berbagai referensi maka disimpulkan bahwa baik buruknya suatu tes atau suatu alat evaluasi dapat kita tinjau dari beberapa segi, yaitu: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Ketika mengkonstruksi atau memilih tes atau instrumen evaluasi, pertanyaan yang sering muncul dari pemikiran seorang guru adalah pada kondisi apakah interpretasi skor yang dihasilkan dari penggunaan instrumen tepat, bermanfaat, dan dapat digunakan pada keadaan sekolah yang ada. Tanpa melihat jenis instrumen dan kemampuan guru dalam memilih jenis tes dalam melakukan evaluasi terhadap siswa, semua instrumen seperti yang disebut di atas agar memiliki kemampuan mengevaluasi perlu memenuhi karakteristik, yaitu valid, reliabel, dan dapat digunakan.

Referensi

Jurnal Geografi Media Infromasi Pengembangan Ilmu dan Profesi Kegeografian, Pradika Adi Wijayanto, Evaluasi Kualitas Instrumen Tes Dalam Pembelajaran Geografi Di MAN 2 Kota Batu, Jurnal Geografi Volume 13 No 2 (102 dari 224)

Jurnal, Khaerudin, Kualitas Instrumen Tes Hasil Belajar, Jurnal Madaniyah, Volume 2 Edisi IX Agustus 2015

Jurnal, Hidayatul Maulidah, Analisis Kualitas Instrumen Tes Fisika Kelas X Menggunakan Software Anates, Volume 2 Nomor 3, Desember 2022

Sahrul Dahri, Pengembangan Instrumen Evaluasi Belajar Via Ponsel Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam, Jurnal Lentera Vol. 21 No. 1 (Maret, 2022), hlm, 128

Sawaluddin, Langkah-Langkah Dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Vol. 6, No. 1, Januari – Juni 2020 (13-24)

Sukardi, Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010

Wayan Nurkancana & Sunartana, Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usana Offset Printing, 1986

Unduhan

Diterbitkan

25-06-2024

Cara Mengutip

Buhori. (2024). KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN. Iqra’: Jurnal Ilmiah Keislaman, 3(01), 64–72. Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/iqra/article/view/101

Terbitan

Bagian

Artikel