PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI MADRASAH
Kata Kunci:
Problematika Pendidikan MadrasahAbstrak
Ada sebuah gagasan besar mengapa pendidikan agama dipopsisikan begitu penting dalam kontek
pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, yakni disamping mewujudkan misi
keseimbangan antara pembinaan akal dan kalbu agar menjadi orang yang selamat dunia akhirat
sebagaimana dipesankan dalam ajaran agama, kekuatan spritual yang dilandasi keagamaan akan
menjadi daya dukung kekuatan dalam mewujudkan berbagai perubahan yang membawa perbaikan
bagi bangsa kedepan namun madrasah belum mendapatkan perhatian penuh di Indonesia dan inilah
yang menjadi tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi ril madrasah, dengan objek kajian
“Problematika pendidikan di Madrasah”. Dengan melalui metode literatur menjadikan buku-buku
dan jurnal sebagai referensi maka dalam hasil penelitian ini ditemukan jumlah rasio madrasah dan
berbagai persoalan yang muncul serta upaya yang dilakukan untuk mengembalikan jati diri ummat
Islam dalam menegmbalikan madrasah sebagai suatu lembaga yang berkualtas. Adapun untuk
tingkat RA,MI,MTs dan MA pada masa orde baru Indonesia berjumlah 36534, sekarang 82.128
sedangkan Riau, 1,894 lembaga, dan Siak 19. Maka dalam penelitian ini ditemukan berbagai
permasalahan pada madrasah yaitu : Pertama : persoalan dualisme pengelolaan pendidikan, Kedua,
kesenjangan antara madrasah negeri dan swasta. Ketiga, persoalan mutu madrasah, Empat : Beban
kurikulum di madrasah yang cukup banyak. Untuk sebagai solusinya ditawarkan Madrasah harus
Memiliki kekuatan Aqidah dan spritual, Keunggulan moral, Penguasaan IPTEK, Penguasaan
keahlian dan kematangan profesional sesuai dengan standar nasional dan internasional, Didukung
dengan jasmani yang sehat, Mampu berkompetisi dengan lulusan negara lain.
Referensi
Dede Rosyadah, MA. Madrasah dan Profesionalisme Guru, Percetakan PT.
Kharisma Putra Utama, 2017
Muhaimin MA. Manajemen Pendidikan Islam, “Aplikasi dalam Penyusunan
Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Kencana Predana Media Group, 2010
Supangat 2011. “ Transformasi Madrasah dala Sistem Pendidikan nasional” Jurnal
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan No.1
Hasbullah. 1995. SejarahPendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada
Luqman Hakim, Madrasah Tsanawiyah Terbuka, (Jakarta: Depag. RI., 2004),v.
Amirullah 2012.” Studi Kebijakan Pemda di Bidang Pendidikan Agama”. Analisis
terhadap kebijakan Pemerintah Bidang Pemberdayaan Madrasah Ibtidaiyah di Kota
Surabaya dan Malang. IAIIN Sunan Ampel Surabaya.
Faridah Alawyah, Islam School Education In Indonesia, Pusat Pengkajian,
Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI Komplek RI Jl. Gatot
Subroto Senayan Jkt 2014.
http;//emispendis.kemenag.go.id, Selasa 19 April 2021
https;//emka.web.id/data/2016/10/daftar-alamat-ma-se-kab-siak, Selasa 19 April 2021
https;//www.umm.ac.id/id/pages/riau/data-sma-dan-smk-kab-siak, Selasa 19 April 2021
Raharjo, “Madrasah Sebagai The Centre of Excellence,” dalam Ismail SM (ed.),
Dinamika Pesantren
Mastuki, Menelusuri Pertumbuhan Madrasah di Indonesia, (Jakarta: Depag RI.,
Muslimin, K.. “Pertumbuhan Madrasah di Masa Awal” dalam buku Bunga Rampai
Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung:
Angkasa 2004/
Eliade Mircea. The Encyclopedia of Religion. Newyork: Mac Millan Publishing
Company/ 1993.
Zuhairi.. Metodologi Pendidikan Agama. Solo: Ramadhani. 1993