KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DALAM PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH
Kata Kunci:
Strategi, Pembelajaran, PAIAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang kompetensi pedagogik dan professional guru dalam penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rencana, penetapan, dan penerapan strategi pembelajaran, penguatan penggunaan strategi pembelajaran, faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi dan penguatan strategi pembelajaran, strategi pembelajaran ideal yang dapat diterapkan pada pendidikan agama Islam, dan untuk mengetahui strategi pembelajaran baru yang dapat diterapkan pada pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Siak dengan hasil: 1) guru belum menetapkan strategi pembelajaran pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 2) guru telah menerapkan strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri, kontekstual, dan strategi pembelajaran mandiri, 3) strategi yang ideal digunakan pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak adalah strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri, 4) faktor pendukung terlaksananya strategi pembelajaran didominasi oleh kualifikasi keilmuan tenaga pendidik yang secara keseluruhan adalah sarjana, sedangkan faktor penghambatnya adalah pemahaman guru terhadap strategi pembelajaran yang hanya fokus pada metode pembelajaran, 5) strategi pembelajaran baru yang dapat diterapkan pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Siak adalah strategi pembelajaran muhadharah yang merupakan kegiatan pembiasaan dan mampu berkontribusi pada hasil belajar peserta didik meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Referensi
Afiah, Aaf. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Akidah Akhlak melalui Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas VIII-F MMA Caringin, Jupendik: Jurnal Pendidikan, Volume 6, Nomor 1, April 2022.
Ahmad, Abdul Halim. Rasm Utsmani Mushaf Terjemah Perkata. Jakarta: Al-Fatih, 2015.
Ahmadi, Rulam. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2014.
Akbar, Husaini Usman & Purnomo Setiady. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Akrim, Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa, Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2021.
Ali, Makhrus, Optimalisasi Kompetensi Kepribadian dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengajar, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 30 Desember 2022.
Al-Mahalliy, Imam Jalalud-din, Tafsir Jalalain Berikut Azbabunnuzul Ayat. Bandung: Sinar Baru, 1990.
Amir, Almira, “Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences)”, Jurnal Logaritma Vol. 1, No. 01, Januari 2013. Medan: Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.
Anwar, Desi. Kamus Bahasa Indonesia Modern. Surabaya: Amelia, 2002
Arifin, Hairul, “Konsep Multiple Intelegences System Pada Sekolah Menengah Pertama Al-Washiliyah 8 Medan dalam Perspektif Islam” Jurnal EduTech.Vol.3, No. 1, Maret 2017.
Bahtiar, Nurhasanah. Pendidikan Agama Islamdi Perguruan Tinggi Umum, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2013.
Budiningsih, C. Asri. Belajar dan Pembelajaran. Cet. 1, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Budiningsih, C. Asri. Belajar dan Pembelajaran, Cet. 2, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Departemen Agama RI, Alhidayah Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka. Banten: Kalim, 2010.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Diana, Ridma dan Mu’allimah Rodhiyana, Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Era Digital, Tahdzib Al-Akhlaq, Jurnal Pendidikan Islam, Volume 6, Nomor 1, 2023
Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2019.
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Donuata, Pujianti Bejahida. Pengaruh Quantum Teaching Metode PQ4R Berdasarkan Keragaman Kecerdasan terhadap Hasil Belajar Fisika, JRKPF UAD, Vol. 6, 2016.
Ekowati, Sri dkk. Pengaruh Kecerdasan Intelektuan, Kecerdasan Emosional, dan Spiritual terhadap Kinerja Guru SDN Kecamatan Pino Bengkulu Selatan, Jurnal Entrepreneor dan Manajemen Sain, Vol. 1, Nomor 1, 2020.
Fatoni, Ahmad Zain Sarnoto & Ahma. Pendidikan Islam Berbasis Kecerdasan Majemuk, Madani Institute, Volume 8, Nomor 2, 2019.
Haditono, Siti Rahayu. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta, Gajah Mada University Press, 2006.
Hartono. PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa Publishing, 2012.
Hartono. Statistik Untuk Penelitian, Cet. 9, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.
Hasanah, Zuriatun. Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa, Irsyaduna, Jurnal Studi Kemahasiswaan, Volume 1, Nomor 1, 2021.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar, Cet. 4, Bandung: Pustaka Setia, 2011
Ismail, Muh. Ilyas. Ilmu Dasar Pengetahuan Ilmu Pendidikan Teoritis. Jakarta: Ganeca Exact, 2008.
Isnaini, Muhammad, Izzati, Muhammad Fauzi, Manajemen Ekstrakurikuler Muhadharah di Madrasah Aliyah, Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 4, Issue 3, 2023.
Jaya, Sulhikma dan Abdul Halik, Strategi Kepala Sekolah Dasar Negeri dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Musannif, Vol. 5, Nomor 1, Juni 2023
Junaidi. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran PAI. Direktorat Pendidikan Agama Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2013.
Kartikowati, Sri, Nining Sriwahyuni, Daeng Ayub Natuna. Kontribusi Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional terhadap Komitmen Kerja Guru MTs. Kecamatan Bagan Sinembah Rokan Hilir, Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 6, Nomor 1, 2022.
Kasali, Rhenald. Sentra Membangun Kecerdasan dan Kemampuan Anak Sejak Usia Dini, Demi Masa Depan yang Cemerlang. Jakarta: Mizan, 2019.
Kharesma, Dian dkk., “Pengaruh kecerdasan interpersonal, regulasi diri, dan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sengkang”, jurnal nalar pendidikan volume 7, nomor 1, Januari-Juni 2019. Makasar: Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam.
Kuswana, Wowo Sunaryo. Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Lamatenggo, Hamzah B. Uno, Sutardjo Atmo Widjoyo, Nina. Pengembangan Kurikulum Rekayasa Pedagogik dalam Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2018.
Lestari, Eka Karunia, Marlina Retno Wulandari. Analisis Dampak Kecemasan Matematis Siswa terhadap Kemampuan Sintesis Matematika, Biormatika, Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 8, No. 1, Februari, 2022.
Lucy, Bunda. Panduan Praktis Tes Minat dan Bakat Anak, Cet. 1, Jakarta: Penebar Swadaya Group, 2016.
Mamluah, Aya, Fahmi Khumaini, Farida Isroani, Roudlotun Ni’mah, Kebijakan pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Kurikulum dan Pendekatan Humanistik di Era Digital, Risalah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol. 8, Nomor 2, Juli 2022.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. 35, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2016.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Muratama, Muh. Satriadi, Marzuki, Zainul Arifin, Peran Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Menjadi Guru Profesional (Studi Kasus di MTs NW Semaya, Nahdlatin Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam, Vol. 1, Nomor 2, April 2022.
Musyafa, M. Ali, Nur Hasib Muhammad. Penguatan Nilai-nilai Religius sebagai Karakter Siswa melalui Strategi Pembelajaran PAI di MTs. Assa’adah 1 Bungah Gresik, Kuttab Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Volume 6, Nomr 02, September 2022.
Naimah, Nur Amini. Faktor Heriditas dalam Mempengaruhi Perkembangan Intelegensi Anak Usia Dini, Jurnal Buah Hati, Volume 7, Nomor 2, 2020.
Nasution, Meliani Putri, Ali Jusri Pohan, Pelaksanaan Muhadharah sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik di SMP Negeri 2 Panyabungan, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 4, Nomor 6, Tahun 2022.
Nihayah, Anis Dwi. Analisis Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa SMA dalam Materi Geometri, Maju, Volume 8, Nomor 1, 2021.
Nurfuadi, Manajemen Kompetensi Profesional Guru Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng, Journal on Education, Volume 6, Nomor 01, Juni 2023
Nurjanah, Enung. Metodologi Pendidikan Islam, Cet. 1, Bandung: Alfabeta, 2019.
Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pulungan, Istarani dan Intan. Ensiklopedi Pendidikan, Cet. 1, Medan: Mediapersada, 2015.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Qohar, Rohyatun Handayaningsih, Erry Hidayah, dan Abdul. Penerapan Pembelajaran Teams Gams and Tournament secara Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 10, Nomor 2, 2022.
Rahmadana, Ariani, Rabiudin, Almuhaimin Sarnav Ituga. Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Papua dalam Belajar Sains, Attractive: Innovative Education Journal, Vol. 4, No. 1, March, 2022.
Ramadhani, Fajar. Dampak Pembelajaran Aktif Peer Lesson Berbantu Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Persatuan Amal Bakti (PAB 1) Helvitea, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (JIMPAI), Volume 2, Nomor 4, April 2022.
Riduan. Metode & Teknik Menyusun Tesis, Cet. 10, Bandung: Alfabeta, 2014
Riduan. Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta, 2006.
Risnanosanti, dkk., Pengembangan Minat dan Bakat Belajar Siswa, Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2022.
Ropingah, Siti. Strategi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Tingkat Madrasah Tsanawiyah, Ulul Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Volume 1, Nomor 9, Agustus 2022.
Rosyada, Dede. Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah, Jakarta: Kencana, 2017.
Rusman. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Cet. 5, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Sani, Ridwan Abdullah. Strategi Belajar Mengajar, Cet. 1, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2019.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet. 13, Jakarta: Kencana, 2020.
Sardiman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2018.
Sibuea, Abdul Muin dan Ahmad Husairi. “Penggunaan Media Pembelajaran dan Kecerdasan majemuk terhadap Hasil Belajar IPS”, Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Juni 2014. Medan: Universitas Negeri Medan.
Siregar, Sofian. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Cet. 5, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.
Soenarjo. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur’an, 1971.
Sugiono, Fajar, Achmad Asrori, Nurul Hidayati Murtafiah, Peran Profesionalitas Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar, Unusan Jurnal, Jurnal Manajemen dan Pendidikan, Volume 2, Nomor 03, 2023.
Sujana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprima, Akmal Rizki Gunawan Hasibuan, Salsabilatussa’dyah, Implementasi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di Kelas 10 SMAN 1 Tambun Selatan, Jurnal PTK dan Pendidikan, Volume 9, Nomor 1, 2023.
Susanto, Ratnawati dan Yuli Asmi Rozali, Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik: Teori, Konsep, dan Konstruk Pengukuran, Jakarta: Rajagrafido Persada, 2020.
Suwardi. Manajemen Peserta Didik. Cet. 1, Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2017.
Syazili, Idham Cholid, Moch. Faizin Muflich, Pembentukan Karakter Islami Melalui Kegiatan Muhadharah di PP. Al- Ma’ruf Sidokumpul Lamongan, Akademika, Volume 17, Nomor 1, Juni 2023
Syahid, H. M. Ilyas, Abd. Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru, Jurnal Al-Aulia, Volume 04, Nomor 01, Januari-Juni, 2018.
Syihabuddin, N. Euis Kartini, Encep Syarief Nurdin, Kama Abdul Hakam. Telaah Revisi Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jurnal Basicedu, Volume 6, Nomor 4, 2022.
Syurfah, Ariany. Multiple Entelligences for Islamic Teaching. Jakarta: Cerdas Interaktif, 2017.
Thohir, Muhammad Shohib. Al-Qur’an Tafsir Perkata Tajwid Kode Angka. Jakarta: Kalim, 2010.
Tohirin. Psikologi Pembelajara Pendidikan Agama Islam; Berbasis Integrasi dan Kompetensi, Cet, 5, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2014.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 20, Tahun 2023, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab III, Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan, Pasal 4.
Uno, B. Hamzah dan Nurdin Mohammad. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.