EFEKTIVITAS PROGRAM AUDIOVISUAL PROSES PEMBELAJARAN PAI SMA NEGERI 2 BUNGARAYA PROVINSI RIAU

Penulis

  • Iwan Agus Supriono STAI SulthanSyarif Hasyim
  • Aditya Wahyu Septian

Kata Kunci:

Efektifitas, Program Audiovisual, Pembelajaran

Abstrak

Audiovisual adalah media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan
dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan,
keterampilan atau sikap. Dan merupakan salah satu untuk meningkatkan daya tanggap siswa terhadap
pembelajaran PAI Di SMA Negeri 2 Bungaraya Provinsi Riau .
The research method used is qualitative research. Data collection uses the method of participant
observation, in-depth interviews and documentation, using analysis of data reduction, data presentation and
verification. This study also checks the validity of the data by using the techniques of credibility,
confirmability, transferability
Hasil data analisis yang diperoleh, menunjukkan bahwa Program Audiovisual dalam proses
pembelajaran PAI yang diterapkan di SMA Negeri 2 Bungaraya Provinsi Riau yaitu menggunakan yaitu unsur
gambar, unsur suara dalam bentuk rekaman suara, unsur suara dan gambar dalam bentuk video, slide proyektor
dan media lainnya.
Program media audio visual di SMA Negeri 2 Bungaraya Provinsi Riau dalam menggunakan media
audio visual sudah maksimal yakni dengan menggunakan unsur gambar, unsur suara dalam bentuk rekaman
suara, unsur suara dan gambar dalam bentuk video, slide proyektor dan media lainnya selain itu menggunakan
media audio visual dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, efektif dan efesien, sehingga
siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam belajar

Referensi

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Cet. 6, (jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2002)

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian Edisi Revisi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002)

Asril, Zaenal, Micro Teaching (Jakarta; Rajawali Press, 2012)

Alwi, Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pusaka, 2007)

Edi, Sarwo, ‘’Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI Kelas VII SMP

Negeri 03 Sabak Auh’’, (Siak: STAI SUSHA, 2018)

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatfi, Cet. 4, (Jakarta,

Rajagrafindo Persada, 2010)

Fadillah, Muhammad, Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoretik & Praktik, Cet. 1,

(Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)

Harjanto, perencanaan pengajaran, (Jakarta : PT Rieneka Cipta, 2000)

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Cet. 6, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010)

Hujair, Sanaky, Media Pembelajaran, (Yogyakarta: Safiria Insania press, 2010)

Iwan Agus Supriono, pengantar metodologi penelitian kualitatif, (Sukabumi: Farha Pustaka,

John. M. Echols dan Hasan Syadily, Kamus Inggris-Indonesia, (Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama, 1990)

Marzuki, Strategi Pembelajaran. Pekanbaru.

Mazuki, Buku ajar materi PAI MTs dan Ma .Pekanbaru.

Moeleong, Lexi J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Roesdakarya, 2002)

Putra Hadi ”Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa

Kelas III B SD Negri 105 Pekanbaru”, (Pekanbaru: UNRI, 2018)

Purwono, Joni, 2014, Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2(2): 127-144

https://media.neliti.com/media/publications/142050-ID-penggunaan-media-audiovisual-pada-mata.pdf. Universitas Sebelas Maret: Surakata.

Riani, Nurmita, “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Analisis Impelementasi Pada

Kelas X SMA N 9 Siak), Tahun 2011. Siak, STAI SUSHA, 2011.

Sanjaya, Wina, perencanaan dan desain sistem pembelajaran, Cet. 4, (Jakarta : kencana,

Sudjana, Nana, Teknologi pengajaran (Bandung : Sinar Baru, 1989)

Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, (Jakarta

: Bumi Aksara, 2010)

Suharto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Surabaya: Balai Pustaka, 1995)

Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengantar Kurikulum Teori Dan Praktek, (Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2005)

Sulaeman, Hamzah Amir, Media audio-visual untuk pengajaran, penerangan dan penyuluhan,

(Jakarta: PT. Gramedia, 2003)

Susanto, Ahmad, Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Cet. 4, (Jakarta: Kencana,

Suwandono, Ikhwan, ‘’Implementasi Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 04 Bungaraya’’,

(Siak: STAI SUSHA, 2018)

Syaripuddin, Keterampilan Dasar Mengajar Dan Pendekatan Pembelajaran K13, (Ponorogo:

Uwais Inspiasi Indonesia, 2019)

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan bahasa (P3B), Kamus Besar

Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1995)

Umar, Husen, Metode Penelitian Untuk Skripsi & Tesis Bisnis, (Bandung: PT Raja Grafindo

Persada, 2011)

Vebi Vanesa, “Pengertian Media Audio Visual dalam Pembelajaran Makalah”, dikutip dari

https://vebivanesa.wordpress.com/2015/04/13/makalahmediaaudiodanaudiovisual/#:~:text=Media%20audio%20visual%20adalah%20mer

upakan,penegtahuan%2C%20keterampilan%2C%20atau%20sikap pada hari Kamis

tanggal 29 Oktober 2021

Unduhan

Diterbitkan

28-06-2023

Cara Mengutip

Supriono, I. A., & Septian, A. W. (2023). EFEKTIVITAS PROGRAM AUDIOVISUAL PROSES PEMBELAJARAN PAI SMA NEGERI 2 BUNGARAYA PROVINSI RIAU. Iqra’: Jurnal Ilmiah Keislaman, 2(01). Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/iqra/article/view/53

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.