INOVASI KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SAINTIFIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Penulis

  • Dr. M. Hatta, M.Pd

Kata Kunci:

Inovasi Kurikulum 2013, Kualitas Pembelajaran PAI

Abstrak

Perubahan kurikulum memberikan ruang lebih besar kepada pemangku bidang Pendidikan untuk melakukan inovasi baik dari sisi kebijakan maupun pelaksanaan kurikulum dalam rangka meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari proses pembelajaran Pendidikan agama islam (PAI). Dari sisi kebijakan implementasi kurikulum memberikan ruang bagi stakeholder untuk membuat rancangan prototipe kurikulum masa depan yang visioner. Dari sisi pelaksanaan kurikulum 2013 memberikan ruang bagi sekolah terutama guru untuk berinovasi dan berkreasi untuk meningkatkan kualitas tatalaksana pembelajaran khususnya bidang Pendidikan agama islam. Tulisan ini mememberikan gambaran dasar bagi Lembaga Pendidikan sekaligus memberikan pola dasar pengintegrasian pelaksanaan kurilum dengan ketersediaan sumber daya baik dari sisi guru maupun sarana prasana Pendidikan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran PAI yang efektif dan efisien.

Referensi

A.A Waskito, Kamus Praktis Bahasa Indonesia, Jakarta: Wahyu Medio

Andar Ismail, Selamat Berkarya: 33 Renungan tentang Kerja, Jakarta: Gunung Kerja, 2004

Abin Syamsuddin Makmun. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Abdul

Majid, Implementasi Kurikulum 2013, Interes Media, Bandung, 2014. Remaja. 2003

Abdul Majid & Chaerul Rochman, Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi

Kurikulum 2013, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2014,

F. Budi Hardiman, Filsafat Fragmentaris, Jogjakarta: Kanisius, 2011

Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. (Renika Cipta, Jakarta,

Eka Aprilia Permatasari, Jurna: Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Ku-

Rikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah Vol. 3 No. 1 tahun 2014 [ISSN 2252-6641]

Kardi dan Nur, Pengantar pada Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas, (Surabaya; Uni Press, 2003),

Loeloek Endah Purwati & Sofan Amri, Panduan Memahami Kurikulum 2013.(Jakarta PT, Prestasi Pustakaraya, 2013),

Loekloek Endah Poerwati & Sofan Amri, Panduan Memahami Kurikulum 2013, Murray Print, Curriculum Development and Design, (Sydny, Allen & Unwin,1993),

M. Fadillah, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA, ( Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA, 2014),

M. Fadillah, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA

Muhammad „ Athiyyah Al-Abrasyi, Prinsip Prinsip Dasar Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2003)

Munarji, Ilmu Penndidikan Islam, (Jakarta: PT. Bina Ilmu, 2004)

M Fadlilla, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, AR RUZZ MEDIA, Yogyakarta, 2014,

Musfiqon, dan Nurdyansyah, Pendekatan Pembelajaran Saintifik, (Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015),

M. Basyiruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, ed Abdul Halim (Jakarta: Ciputat Pers, 2002),

Wina Senjaya. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2008.

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran (Teoritik dan Praktik Kurikulum KTSP ), Prenada Media Group. Jakarta, 2008

Wina Senjaya. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

(Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2008).

Rohani Ahmad Pengelolaan pengajaran (Jakarta : Erlangga 2004).

Yoserizal Bermawi, Jurnal, Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Aceh Besar, Vol. 2 No.4, April 2016,

Udin S. Winataputra.. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. 2003).

Saminanto, Mengembangkan RPP PAIKEM Scientifik Kurikulum 2013, Rasail Media Group, Semarang, 2013,

Sulistiyowati dan Antonios Cahyuadi, Runtuhnya Sekat Perdata dan Perdana,

Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008

Unduhan

Diterbitkan

05-12-2022 — Diperbaharui pada 06-01-2023

Versi

Cara Mengutip

Dr. M. Hatta, M.Pd. (2023). INOVASI KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SAINTIFIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). Iqra’: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(2). Diambil dari https://e-journal.staisiak.ac.id/index.php/iqra/article/view/40 (Original work published 5 Desember 2022)

Terbitan

Bagian

Artikel